Langsung ke konten utama

Manfaat Beras Merah bagi Kesehatan

Beras merah adalah salah bahan makanan yang sering dijadikan sebagai menu utama bagi mereka yang sedang menjalankan program diet.Berbicara tentang beras merah, sebenarnya beras merah memiliki manfaat dan khasiat lebih unggul daripada beras putih atau beras biasa. Memang  beras biasa rasanya lebih enak dibandingkan dengan beras merah, namun beras merah mengandung berbagai macam zat yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Kandungan tersebut antara lain :karbohidrat, protein, beta-karoten, antioksidan, zat besi, magnesium, vitamin B1, serta mengandung pigmen antosianin. 

(Beras Merah)

Menurut Direktorat Pembinaan Kesehatan Masyarakat, beras merah mengandung protein 7,30%, zat besi 4,20%, dan vitamin B1 0,34%. Selain itu juga beras merah mengandung protein dan berbagai asam amino, asam lemak tidak jenuh (12%) dan sterol yang berfungsi mengurangi sintesis kolestrol dalam hati. Asam lemak tidak jenuh dan asam amino yang terkandung dalam beras merah dapat menurunkan kolestrol jahat (LDL) sehingga menurunkan resiko jantung koroner. Beras merah secara nyata dapat menurunkan kolestrol hingga 23%, kolestrol jahat (LDL) 28,6%, serta meningkatkan kolestrol baik (HDL) hingga 19,6%. Sedangkan pigmen antosianin dalam beras merah berperan sebagai senyawa antioksidan dalam pencegahan beberapa penyakit seperti kanker, diabetes, kolestrol, dan jantung koroner.
Kandungan-kandungan tersebut memiliki beberapa manfaat bagi tubuh manusia, antara lain :
1. Sumber antioksidan
Beras merah adalah salah sumber antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh membantu melindungi tubuh kita dari berbagai macam serangan radikal bebas. Sehingga tubuh kita akan terjaga kesehatannya dan terhindar dari berbagai macam penyakit.
2. Mengandung serat yang tinggi
Kandungan serat yang tinggi pada beras merah sangat bermanfaat bagi tubuh. Bahkan kandungan serat pada beras merah lebih banyak dibandingkan beras putih atau beras biasa. Kandungan serat tersebut akan menjaga kesehatan tubuh agar tetap terjaga
3. Sehat untuk pencernaan
Karena kandungan serat yang tinggi, beras merah sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Sehingga mengkonsumsi beras merah secara rutin akan dapat membantu menjaga kesehatan tubuh anda. Kandungan serat tersebut sangat baik untuk usus dan membantu melancarkan metabolisme tubuh anda.
4. Menurunkan berat badan
Beras merah sangat rendah kalori namun sangat tinggi serat. Ini sangat baik untuk program diet yang anda jalani. Beras merah dapat anda jadikan sebagai bahan makanan utama setiap harinya. Kandungan alami tersebut mampu membantu menurunkan berat badan lebih cepat. Dan juga kandungan karbohidrat kompleks beras merah menyuplai energi secara berkala  pada tubuh sehingga perut tidak cepat lapar.
5. Menjaga kesehatan tulang
Kandungan magnesium pada beras merah juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi anda. Magnesium memiliki fungsi sama dengan vitamin D dan kalsium yang dapat melindungi kesehtaan tulang dan gigi. Konsumsilah secara rutin agar kesehatan tulang dan gigi anda tetap terjaga.
6. Mengontrol gula darah
Beras merah sangat baik dan sangat dianjurkan bagi mereka atau anda yang sedang menderita diabetes. Kandungan serat yang tinggi pada beras merah dan kalori yang rendah pada beras merah akan membantu mengontrol gula darah pada tubuh. Sehingga akan terhindar dan terbebas dari diabetes.
 7. Menurunkan kolesterol
Kandungan serat pada beras merah juga sangat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dan minyak esensial yang terdapat dalam beras merah yang diyakini membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi. Selain menurunkan kadar kolesterol jahat, beras merah juga dapat menaikkan kadar kolesterol baik.
8. Mencegah penyakit jantung
Beras merah mengandung serat yang tinggi. Sehingga dapat membantu melindungi tubuh anda dari berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung. Dengan mengkonsumsi nasi dari beras merah ini jantung anda akan tetap terjaga kesehatannya.
9. Mempertahankan sistem saraf yang sehat
Beras merah juga mengandung mangan yang dapat menghasilkan lemak dan hormon yang sangat diperlukan tubuh untuk menjaga sistem saraf yang sehat. Oleh sebab itu konsumsilah nasi dari beras merah agar sistem saraf dalam tubuh anda bisa terjaga kesehatannya.
10. Mencegah terjadinya batu empedu
Berdasarkan beberapa penelitian yang telah dilakukan, makanan yang tinggi kandungan serat dapat membantu mencegah penyakit batu empedu. Serat sangat mudah dicerna, sehingga dapat melarutkan sisa-sisa makanan yang belum tercerna. Dengan begitu, kesehatan empedu akan tetap terjaga.
11. Dapat mencegah kanker
Kanker adalah salah satu penyakit yang mematikan. Namun anda bisa mencegahnya sejak dini dengan rutin mengkonsumsi beras merah. Kandungan selenium dan polifenol dalam beras merah telah diyakini mampu mencegah kanker usus besar. Serta kandungan antioksidan didalamnya juga dapat membantu mencegah jenis kanker lainnya.

Oleh karena itu, beras merah dapat dikatakan lebih unggul dibandingkan dengan beras putih atau beras biasa. Ada beberapa keunggulan nasi merah dibanding nasi putih sehingga banyak orang yang beralih mengkonsumsi nasi merah, antara lain :


• Kulit luar (bran) pada beras merah tidak mengalami proses penggilingan dan pengelupasan secara berlebihan, sehingga bran masih utuh. Bran ini kaya akan serat, mineral (seperti zat besi, zinc, kalium, mangan, dan natrium) dan vitamin terutama vitamin B.

• Kandungan serat pada beras merah akan membantu menurunkan kadar Kolesterol dan  membuat rasa kenyang lebih lama sehingga baik bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan dan menderita hiperkolesterolemia.

• Kandungan mineral seperti zat besi, zinc, mangan merupakan bagian dari antioksidan yang penting menjaga daya tahan serta stamina tubuh.

• Demikian juga kandungan vitamin B akan membantu pembentukan serotonin, sel darah merah, metabolisme karbohidrat, dll.

• Beras merah mempunyai indeks glikemik rendah (sekitar 50-55) dibanding beras putih sekitar 56-78 (indeks glikemik tinggi). Indeks glikemik menunjukkan seberapa cepat suatu bahan makanan meningkatkan kadar gula darah dibanding dengan glukosa. Artinya beras merah dapat dijadikan salah satu pilihan yang cukup baik dalam mengendalikan kadar gula darah, asalkan jumlah yang dikonsumsi tidak berlebihan.

Referensi :
Didi Suardi K. 2005. Potensi Beras Merah untuk Peningkatan Mutu Pangan. Jurnal Litbang Pertanian  Nomor 24 Volume III Tahun 2005.


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hasil Pemeriksaan UPTD Laboratorium Kesehatan Kabupaten Purbalingga

Berdasarkan hasil pemeriksaan sampel Air Minum yang diambil pada tanggal 23 November 2016 dari Gerai Air Minum Tirta Raharja Purbalingga oleh petugas UPTD Laboratorium Kesehatan Kabupaten Purbalingga dan mengacu pada PERMENKES RI No. 492/MENKES/PER/IV/2010 tentang Persyaratan Kualitas Air Minum menyatakan bahwa Gerai Air Minum Tirta Raharja Purbalingga memiliki kelas kualitas air yaitu "A". Berikut Laporan Hasil Pemeriksaan oleh UPTD Laboratorium Kesehatan Kabupaten Purbalingga :

Daftar Harga di Gerai Air Minum Tirta Raharja Purbalingga per 31 Desember 2016

Gerai Air Minum Tirta Raharja Purbalingga selaku unit usaha, kami melayanani air isi ulang, AQUA galon. Selain itu juga kami menawarkan kepada para pelanggan dengan beberapa produk lainnya yaitu Beras Premium, Pulsa Elektronik/HP (All Operator), Token Listrik, pembayaran Listik Pascabayar, PDAM, BPJS, serta Multipayment lainnya.Beras Premium yang kami tawarkan antara lain Beras IR 64, IR 64 Super, Pandanwangi, dan Beras Merah serta pada bulan Ramadhan kami juga menawarkan Beras kemasan zakat (2.8 kg). Adapun harga yang ditawarkan pada produk-produk kami antara lain : Air Isi Ulang    Rp 4.000,- / galon AQUA Galon Rp 15.500,- / galon Beras Premium      (IR 64)  Rp 45.000,- / 5 kg (IR 64 Super) Rp 48.000,- / 5 kg (Pandanwangi) Rp 60.000,- / 5 kg  (Beras Merah) Rp 33.000,- / 3 kg Pulsa Elektronik/HP             5   rb    = Rp     7.000,-            10  rb    = Rp   12.000,-            20  rb    = Rp   22.000,-      

Apa Saja di Gerai Air Minum Tirta Raharja Purbalingga?

Gerai Air Minum Tirta Raharja Purbalingga selaku unit usaha, kami melayanani air isi ulang, AQUA galon.   (Air Isi Ulang)   ( AQUA Galon) Selain itu juga kami menawarkan kepada para pelanggan dengan beberapa produk lainnya yaitu Beras Premium, Pulsa Elektronik/HP (All Operator), Token Listrik, pembayaran Listik Pascabayar, PDAM, BPJS, serta Multipayment lainnya.Beras Premium yang kami tawarkan antara lain Beras IR 64, IR 64 Super, Pandanwangi, dan Beras Merah serta pada bulan Ramadhan kami juga menawarkan Beras kemasan zakat (2.8 kg). (Beras Premium "IR 64 Super" kemasan 5 kg) (Beras Premiun "Pandanwangi" kemasan 5 kg) (Beras Premium "IR 64" kemasan 5 kg) (Beras Premium "Beras Merah" kemasan 3 kg)